Tips Usaha Rumahan Es Krim

     Usaha rumahan Es Krim sebenarnya suatu peluang usaha yang sangat prospek sekali. Dengan modal yang tidak begitu besar kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Dan kunci dari usaha makanan pada dasarnya hanya tiga, yakni enak, harga terjangkau dan higienis. Hanya saja karena jarang kalangan yang mengerti cara membuatnya maka perintisan usaha ini pun masih jarang dilakukan.
 
Usaha rumahan Es Krim


     Enak artinya es cream yang dibuat sesuai dengan selera konsumen. Point ini bisa jadi menjadi hal yang tidak bisa ditawar terutama jika ingin berhasil masuk kedalam bisnis kuliner. Oleh karena itu dalam bisnis kuliner seseorang mesti benar benar memperhatikan soal rasa atau teste.      Ada pun caranya menguji rasa atau teste makanan, kita bisa minta pendapat keluarga atau teman-teman dekat, atau para pebisnis kuliner senior yang kita anggap cukup piawai dalam soal teste. Dari mereka kita bisa memperoleh kritik, masukan bahkan mungkin resep resep rahasia agar usaha kita semakin berjaya.

Selain terjaga dalam soal teste atau rasa, dalam upaya membuka usaha bisnis kuliner, perlu juga ditetapkan ruang segmentasi para konsumen atau pelanggannya. Penetapan ini menjadi hal yang penting terutama karena dagangan kuliner kita mesti terjual yang semua itu terhubung dengan penetapan Harga kuliner.

Untuk mensiasati agar tidak ada ruang pembatsan pelanggan, maka dalam membuat es krim kita perlu membuat porsi porsi klasikal sesuai dengan pembeli yang datang. Bisa pula dengan membuat Eds krim kelas jumbo, kelas sedang dan kelas biasa.

Pembikinan porsi porsi es krim ke dalam kelas kelas ini sangat menarik karena akan mempermudah kita dalam menjual dan melayani pelanggan yang beragam.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah jangan sungkan minta pendapat pelanggan dalam soal teste atau rasa es krim yang kita jual demi kemajuan usaha yang kita buat.

Upaya upaya ini bisa anda lakukan dengan memberikan layanan es krim gratis, tiap beberapa bulan sekali, yakni dengan mengundang semua pelanggan anda untuk hadir di kios anda dan menyuguhnya dengan es krim. Upaya upaya ini sangat bermanfaat terutama ketika kita ingin mengenalkan menu menu baru dalam es krim yang kita buat.

Dari situ selain mencatat formula produk, mulai dari bahan baku, bumbu dan cara mengolahnya, upaya upaya di atas akan semakin memajukan usaha bisnis rumahan es krim kita, sehingga para pelanggan kita semakin setia dengan kita.

Terdapat sebuah pepatah yang menyatakan bahwa pembeli adalah raja. Pepatah ini menjelaskan bahwa sebagai penjual kita mesti memberikan pelayan terbaik kepada para pelanggan dengan baik, ramah dan apa adanya, karena loyalitas konsumen kadang bisa di dapat dari cara pelayanan kita.

Jadi tunggu apalagi, mari kita memulai usaha rumahan es krim ini. Kata pepatah jangan pernah menunda ide atau gagasan yang baik. Oleh karena itu semakin cepat ide ini kita lakukan maka semakin cepat pula kita pada kesuksesan. Demikian. Semoga bermanfaat ide usaha rumahan jaualan es krim ini.





TIPS CARA MEMBUAT ES KRIM



**

Tak ada yang semenakjubkan es krim. Begitu kata seorang penyair. Dan kata kata itu memang tidak berlebihan. Terlebih karena kita tahu, es krim adalah jenis kuliner yang disukai banyak kalangan di berbagai situasi, tempat dan acara tanpa mengenal cuaca atau musim

Dilaporkan tradisi es krim sebenarnya adalah tradisi yang cukup tua. Dimana di waktu yang cukup lama peradaban kuno telah berkreasi membuat makanan dingin selama ribuan tahun. Dan itu berlangsung secara turun temurun.

Menurut BBC, tradisi membuat campuran beku susu dan beras bahkan ditemukan di Cina sekitar 200 SM, dan di 618-97 M, Raja Tang dari Shang bersama 94 orang-orang yang membuat hidangan susu beku kerbau, tepung, dan kamper.

Sementara tradisi lain kita bisa juga menemukan tentang bagaimana kisah kaisar Romawi Nero yang membawa es dari gunung untuk dikombinasikan dengan topping buah. Ini adalah beberapa hidangan dingin awal.

Tidak kalah dengan kaisar Romawi, Persia kuno juga piawi soal teknik penyimpanan es di dalam kulkas secara alami, yang itu dikenal sebagai yakhchals.

Konon katanya mereka membawa Es struktur ini dari musim dingin, atau dari pegunungan di dekatnya, baik ke dalam musim panas. Mereka bekerja dengan menggunakan windcatchers yang tinggi untuk membuat tingkat sub-ruang penyimpanan pada suhu dingin.

Pada tahun 400 SM, Persia menciptakan puding dingin khusus seperti piring, terbuat dari air mawar dan sohun yang disajikan untuk royalti selama musim panas.

Es dicampur dengan kunyit, buah-buahan, dan berbagai rasa lainnya. Yang memperlakukan secara luas dibuat di Iran hari ini, disebut “faloodeh”, dan dibuat dari pati (biasanya gandum), berputar di saringan seperti mesin yang memproduksi benang atau tetes adonan, yang direbus dalam air. Campuran kemudian membeku, dan dicampur dengan air mawar dan lemon, sebelum disajikan.



Dari itu mungkin hanya di negeri ini saja, kita tidak memiliki tradisi membuat es krim. Meski dalam begitu kita tidak perlu berkecil hati sebab semua tradisi itu sebenarnya terhubung dengan soal alam, dimana alam negeri kita hanya mengenal dua musim saja. Yakni musim penghujan dan musim kemarau.

Baru di abad pertengahan, tradisi ini, lewat para pendatang kemudian dikenalkan yang kemudian untuk selanjutnya menjadi bagian dari tradisi di negeri kita. Hanya saja di antara rumitnya tehnik pembuatan es krim, sebanarnya terdapat tehnik pembuatan es krim yang begitu mudah. Dan di sini, tulisan ini akan memperkenalkan tentang tips cara pembuatan es krim yang mudah.

Sebelumnya kita mesti mempersiapkan bahan bahannya terlebih dulu. Adapun bahan bahan es krim antara lain adalah sebagai berikut

BAHAN BAHAN: 1 sdt vanili

2 butir putih telurnya saja

2sdm gula pasir

2 sdm maizena

2 kaleng susu kental manis putih

4 kaleng susu putih





CARA MEMBUAT ES KRIM:

Campur semua bahan susu dan air ke dalam panci sambil dipanaskan dan aduk aduk diatas api kecil. cairkan tepung maizena, campur dengan bahan di atas, sambil tetap diaduk, angkat panci tersebut dan campurkan gula, putih telur, vanili, dan terus aduk sampai semua tercampur rata dan berwarna putih.

Setelah itu, rebus adonan dan aduk sampai mendidih. Sambil tetap diaduk, angkat adonan dari panci supaya tidak menggumpal.  Jika adonan sudah dingin, masukkan ke dalam freezer.

Sebagai garnish atau topping, anda bisa menyiapkan potongan strawberry, anggur, atau buah buahan lain dengan potongan kue atau cookies dan taruh sejumput kecil daun mint diatasnya. Es krim buatan anda sudah siap disajikan.

Demikian tips cara membuat es krim yang kita hadirkan semoga bermanfaat bagi para pembaca profbisnis.com sekalian, bagi siapapun yang bermaksud untuk membuat usaha rumahan es krim. Amin.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.