Peluang Usaha Kuliner Warung Tenda

Peluang usaha warung tenda – Bisnis kuliner memang tidak ada habisnya. Kebutuhan akan pangan yang tinggi dan beraneka ragam membuat bisnis kuliner akan tetap ada sampai kapanpun. Beragam jenis, varian, dan keunikan bisa kita temukan di bisnis ini. Begitu banyaknya masakan yang bisa dibuat, keaneka ragaman rasa yang bisa tercipta, bahkan setiap daerah di belahan dunia memiliki keunikan rasa mereka sendiri. Nah, pada kesempatan yang bagus ini, profbisnis.com akan membahas salah satu bisnis kuliner yang tergolong kedalam usaha modal kecil yaitu Warung tenda.
 
bisnis warung tenda

Warung tenda memiliki potensi pasar yang cukup bagus. Harga yang bisa dijangkau banyak orang menjadikan usaha warung tenda memiliki rentang konsumen yang luas. Tidak hanya ekonomi menengah kebawah, banyak pula dari kalangan atas yang terbiasa dengan masakan yang disajikan di warung-warung tenda.


Oke saya rasa sudah cukup basa-basinya, sekarang kita akan mulai pembahasan inti dari usaha ini. Di dalam usaha warung tenda ada beberapa hal yang harus anda persiapkan jika ingin memulai. Tidak terlalu rumit akan tetapi sangat penting untuk melakukannya dengan baik agar nantinya bisnis anda bisa berjalan sebagaimana mestinya dan berkembang.


Cara memulai bisnis warung tenda



Sebelum memulai, hal-hal berikut inilah yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu.
  1.     Dalam bertarung mengetahui musuh akan memberikan keuntungan bagi kita dalam mempersiapkan senjata apa yang paling tepat untuk digunakan. Hal ini berlaku pula dalam bisnis ini. Mengetahui calon konsumen kita, memberikan gambaran tentang makanan apa yang sebaiknya kita pilih sebagai menu. Contohnya adalah jika tempat anda berada di kawasan kampus, anda bisa menyiapkan makanan pokok untuk menjadi menu mahasiswa yang kebanyakan memang mencari makanan jenis ini untuk memenuhi kebutuhan makannya.
  2.     Untuk modal, anda perlu memperhitungkan semua modal yang akan anda gunakan dalam bisnis ini. Modal disini juga termasuk semua perlengkapan dan pembelian bahan.
  3.     Persiapkan manajemen keuangan sebaik-baiknya. Dalam bisnis manajemen keuangan yang sehat akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi anda. Sebaliknya manajemen keuangan yang buruk akan berakibat fatal pada bisnis anda. Bukukan dengan teliti arus uang. Pisahkan antara hasil penjualan dan modal. Setelah itu hitung selisih atau marginnya dalam sebulan. Lalu dari data tesebut anda bisa buat turunannya ke minggu dan hari. Dengan data tersebut bukan kah anda bisa memprediksi bagaimana jalannya bisnis warung tenda ini? Jika terjadi masalah anda juga bisa melihat dan mengambil antisipasi yang tepat..

Hambatan bisnis warung tenda

Apapun bisisnya pasti akan ada hambatan. Tidak terkecuali bisnis warung tenda ini. Besar ataupun kecil suatu bisnis tetap saja anda akan berhadapan dengan masalah-masalah yang mungkin akan terjadi dan beberapa penghambat jalannya usaha anda. Untuk itu coba simak beberapa hambatan yang mungkin saja menimpa anda apabila anda menjalankan bisnis ini, agar anda bisa tahu apa yang sebaiknya dilakukan jika masalah tesebut muncul.

Pertama – Saingan. Saingan bisnis anda adalah bisnis serupa yang membuka usaha ditempat yang sama atau berdekatan dan berpotensi mengambil konsumen anda. Hal ini bisa anda siasati misalanya dengan menambah nilai tambah usaha anda. Seperti keunikan menu, rasa yang lebih baik, harga yang lebih bersahabat dan lain sebagainya.

Kedua – karena ini bisnis kuliner, anda akan berhadapan dengan masa berlaku bahan dan produk yang singkat. Jika makanan sudah basi maka tidak bisa dipakai lagi dan harus dibuang. Jadi pandai-pandailah menghitung berapa kira kira penjualan anda agar tidak membuang bahan dengan percuma.

Ketiga – konsumen tentu menginginkan yang terbaik. Ada saja konsumen yang tidak puas dengan pelayanan kita. Mungkin akan anda temui beberapa konsumen yang komplain tentang pelayanan dan lainnya jadi yang perlu anda lakukan adalah au belajar dari pengalaman. Jadikan keluhan konsumen sebagai cara untuk memperbaiki diri.

Itu lah beberapa hambatan yang mungkin muncul. Jadi anda harus bersiap dengan langkah apa yang akan anda ambil jika suatu saat menimpa anda. Selain hal-hal diatas tidak menutup kemungkinan hambatan lain juga akan muncul jadi kesigapan anda juga dibutuhkan dalam mengatasi masalah nantinya.


Tips sukses menjalankan usaha warung tenda  

 
Dalam bisnis ini sebenarnya ada beberapa yang bisa anda lakukan untuk bisa sukses. Strategi-strategi yang sudah terbukti bekerja untuk banyak bisnis kuliner. Berikut tips nya.
  1.     Pilihlah jenis menu yang sesuai dengan lokasi dimana anda berjualan. Contohnya jika ditempat tersebut lebih cocok untuk menjual makanan berat dan mengenyangkan akan lebih baik jika anda memilih menu yang cocok dengan kriteria tersebut.
  2.     Pilihlah lokasi yang strategis. Sangat penting peranan lokasi dalam bisnis ini. Jadi pilihlah tempat yang ramai orang lalu lalang dan memiliki kemudahan tempat parkir bagi konsumen sehingga potensi pebeli pun semakin tinggi.
  3.     Gunakan nama yang unik dan khas pada menu yang anda sediakan. Nama yang unik akan menarik konsumen untuk mencobanya. Dan nama yang unik juga lebih mudah di ingat dan memberikan kita tempat tersendiri di mata konsumen.
  4.     Jadikan cita rasa masakan sebagai prioritas utama dalam bisnis kuliner. Rasa yang enak akan memberikan nilai tambah pada bisnis warung tenda. Sebaliknya jika rasa masakan kita mengerikan maka jangan harap bisa sukses dalam bisnis ini.
  5.     Pemilihan harga harus anda pikirkan baik baik. Harga murah akan menjangkau lebih luas konsumen. Namun disisi lain anda tetap harus memikirkan keuntungan karena ini adalah bisnis.

Oke, itu dia tadi sedikit yang kami sampaikan mengenai usaha warung tenda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi anda dalam dunia usaha.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.