Peluang Usaha Bisnis Rongsokan

Peluang Usaha Bisnis Rongsokan - Sulit memahami bagaimana bisa kita hidup miskin, sedang di negeri ini, tongkat di tanam bisa jadi tanaman? Iya kan? Haha. Meski sulit juga bagi siapapun untuk memahami tentang cara, untuk bisa menjadi orang kaya, sedang di negeri ini, semua hal nyaris berjalan dengan cara yang culas, jauh dari ilmu dan jauh dari nilai nilai kemanusiaan.
 
Peluang Usaha Bisnis Rongsokan

***

Oke. selamat berjumpa lagi dengan kami. Di sini, kami tidak akan mengajak anda untuk merenung. Akan tetapi justru untuk berbisnis. Dan bisnis kita kali ini adalah bisnis sesuatu hal, yang oleh sebagian kita disebut sebagai “rongsokan”. Yah. Bisnis kita kali ini adalah peluang bisnis rongsokan.

            Rongsokan berarti sesuatu hal yang tidak berguna. Makanya bisnis rongsokan berarti bisnis sesuatu hal yang pada mulanya sudah tidak berguna. Nah, pertanyaannya, bagaimana bisa sesuatu hal yang sudah tidak berguna bisa dibisniskan?

            Haha. Itu pertanyaan yang kritis. Dan jawabnya adalah, karena tidak semua rongsokan itu adalah hal yang tidak lagi berguna, dari itu makanya ia kemudian bisa dibisniskan.

            Anda tentu mengerti dengan istilah “daur ulang”. Daur ulang adalah upaya pengolahan atas hal-hal yang pada mulanya sudah tidak bisa digunakan, sehingga ia pun kemudian menjadi barang atau sesuatu yang kembali, bisa berguna. Dalam kaitannya dengan industri daur ulang inilah, peluang usaha rongsokan, kemudian menjadi bisnis yang prospektif.  Terlebih di hari ini, ketika industri modern, dengan segala kecanggihannya, ternyata menghasilkan sampah yang tidak bisa hancur dengan sendirinya.

Lantas apa saja sebenarnya poin-poin penting yang perlu diketahui seputar bisnis barang rongsokan kita ini?

Pertama tama, sebelum kita memulai bisnis ini. kita mesti mempelajari jalur mata rantai bisnis rongsokan ini. Artinya kita benar benar harus mengerti kemana kita akan menjual rongsokan rongsokan yang ada. Pemahaman ini jika bisa bersifat mendalam, terutama soal harga tiap aneka rongsokan.  Dengan begitu kita tidak akan rugi dalam menjalan usaha bisnis ini.

            Jika kita sudah memahami mata rantai bisnis ini, maka hal kedua yang mesti kita lakukan adalah, mengumpulkan rongsokan, lalu memilahnya dengan jenis dan ragamnya sendiri. Rongsokan besi misalnya, kita mesti memisahkannya dengan rongsokan kertas, peralatan elektronik, atau rongsokan rongsokan-rongsokan jenis plastik dan kaleng.

            Peluang bisnis rongsokan bisa jadi adalah bisnis yang paling kecil adaptatif. Artinya ia bisa dilakukan dan menyesuaikan dengan modal yang kita miliki. Jika modal kita kecil. Maka kita bisa memulai bisnis ini dengan cara keluar masuk perumahan untuk kemudian menjemput bola yang ada. Sebaliknya jika modal kita lumayan besar, maka kita bisa memulai pengumpulan rongsokan tersebut dengan cara membeli barang barang rongsokan dari para pemulung.

Bersama dengan bisnis ini kita bisa menyortir barang barang rongsokan yang antik yang bisa jadi memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan bisa jadi bernilai jutaan rupiah. Dari itulah prospek bisnis barang rongsokan sebenarnya tidaklah seremeh apa yang terlihat.

Tentu saja semua itu karena banyak kalangan yang tak segan memburu barang-barang bekas branded atau pun barang bekas dengan nilai histori yang tinggi. Sedangkan barang bekas yang dapat didaur ulang biasanya juga banyak menjadi incaran sejumlah industri seperti industri kertas atau industri plastik.

Dengan catatan anda telah memahami dengan baik mata akan halnya mata rantai bisnis ini. Maka bisnis ini bisa dikatakan bisnis paling menguntungkan. Sebab bisnis barang rongsokan tidak membutuhkan tempat yang khusus, selain hanya area luas tertutup dan beratap, dimana barang barang rongsokan bisa dipilah lalu ditata menurut jenis ragamnya masing masing.

Bersamaan dengan anda bisnis rongsokan, guna mempercepat promosi bisnis kita, kita bisa pula membuat bisnis jual beli barang barang bekas rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Dengan demikian, bisnis rongsokan kita akan menjadi bisnis yang semakin maju, dalam banyak keuntungan.

Jadi dengan modal ketekunan dan kerja keras, setumpuk barang bekas tak terpakai dapat kita disulap menjadi bisnis yang menjanjikan. Itu disebabkan karena peluang bisnis tak selalu mesti harus berasal dari sesuatu yang bersifat mahal atau baru.

Kemampuan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar kita adalah modal utama dalam memulai rintisan bisnis sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Dengan tekad dan semangat inovasi, kita pasti akan memetik buah kesuksesan yang manis.

Ini saja dulu pembahasan kita mengenai peluang bisnis rongsokan. Bagaimanapun, ini merupakan sebuah peluang usaha yang bisa anda pertimbangkan. Selamat meraih kesuksesan. Salam profbisnis.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.