Usaha Bebek Petelur Sangat Menjanjikan

Kali ini kita akan membahas mengenai usaha bebek petelur, setelah kemarin kita membahas tentang usaha makanan yaitu Usaha Es Krim Rumahan. Itik petelur adalah hewan yang tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat, terutama di daerah pedesaan. 
Usaha Bebek Petelur Sangat Menjanjikan

Di beberapa daerah di Jawa, banyak yang menjadikan ternak itik petelur sebagai sumber penghasilan utama. Tidak mengherankan karena keuntungan yang didapatkan ternyata sangat menjanjikan sehingga banyak orang tidak merasa risih untuk berkotor-kotor demi mendapatkan keuntungan yang banyak dari usaha itik petelur ini. Inti dari usaha ini adalah kesabaran dan tekad yang kuat, karena berbeda jika dibandingkan dengan jenis pedaging yang dilihat dari ukuran, bebek petelur memerlukan kontrol gizi dan produksi secara berkala, bahkan bisa dibilang hampir tiap hari.

Nah untuk itu, pada artikel kali ini profisnis.com akan membagikan hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam usaha itik petelur ini. Secara garis besar berikut adalah yang perlu anda perhatikan.

1.       Sarana dan kandang bebek petelur
2.       Pembibitan bebek petelur unggul
3.       Pemeliharaan dan pakan bebek petelur
4.       Pemanenan dan pemasaran telur bebek

Oke, mari kita bahas satu per satu.

Sarana dan kandang bebek petelur

Pada kandang yang perlu diperhatikan pertama adalah suhu. Suhu tidak boleh lebi dari 40 derajat dan kurang dari 35 derajat celcius. Kedua adalah kelembaban tidak boleh lebih dari 60%. Yang ketiga, penerangan harus memadai dan letakan di setiap sudut kandang agar lebih memudakan kita dalam menata tata ruang kandang. Yang ke empat pilihlah bahan pembuat kandang yang bisa bertahan lama, dan kalau bisa dengan tetap mencari yang termurah agar dalam pembuatannya dana anda bisa tetap efisien. Dan terakhir, siapkan tempat makan dan minum untuk bebek-bebek anda.

Pembibitan bebek petelur unggul

Pembibitan induk bebek yang unggul merupakan salah satu factor utama penentu kesuksesan anda. Jadi perhatikan dengan cermat hal ini. Bibit yang unggul akan sangat menentukan nasib dari usaha bebek petelur ini kedepannya. Jika anda memilih yang biasa, maka hasilnya juga akan biasa, namun jika sedari awal bibitannya sudah bagus maka diharapkan kedepannya anda tinggal menjaga kualitasnya dan pestinya akan lebih menguntungkan.

Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk mendapatkan bibit bebek yang unggul:

1. Beli dan pelihara indukan bebek unggul. Dan telur yang akan kita tetaskan kita taruh di sarang mentok atau ayam hingga diperolehlah bibit unggul yang kita inginkan.
2. Cari indukan kualitas unggul yang sudah terjamin dan kita beli telurnya untuk ditetaskan.
3. Beli starter itik berusia satu hari hingga satu setengah bulan, dikenal dengan DOD. Jika diperlukan mintalah rekomendasi peternak yang memiliki DOD bagus.Yaitu yang berwarna kuning cerah mengkilap dan tidak cacat.

Jika kita sudah mendapatkan bibit yang unggul, hal yang harus diperhatikan adalah perawatannya. Tempatkan di kandang dengan ketentuan diatas. Jika indukan masih dalam usaia yang belum produktif, maka berikanlah vitamin dan mineral yang cukup agar bibit tidak mudah terserang penyakit atau stress.

Pemeliharaan dan pakan bebek petelur

Perawatan memegang peranan yang sangat vital. Indukan yang baguspun jika tidak mendapat perawatan yang tepat, bisa jadi tidak subur dan produktif. Oleh karena itu pelajarilah dengan baik cara merawat itik petelur yang baik dan benar. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kurang lebih sebagai berikut.

Pertama, jaga kebersihan kandang. Kandang yang kotor dapat menimbulkan penyakit yang akan menurunkan tingkat keberhasilan dalam ternak bebek petelur kita.

Kedua, konsultasikan penyakit pada dokter hewan sesegera mungkin, karena apabila terlambat penyakit tersebut bisa saja menular ke itik yang lain. Akibatnya adalah kerugian yang besar menimpa kita.

Ketiga, pemberian pakan yang baik dan benar. Meliputi cara memberi makan dan makanan apa yang diberikan. Carilah info selengkap lengkapnya mengenai cara memberi itik petelur. Untuk airnya, kita harus memberi vitamin dan mineral pada saat bebek berusia 0-2 minggu. Setelah itu anda sudah dapat memberikan air di sisi kandang secara terus menerus.

Pemanenan dan pemasaran telur bebek

bebek bertelur pada dinihari. Jika anda melihat itik pada jam enam pagi, bisa dipastikan bahwa itik sudah tidak bertelur lagi, jadi anda bisa mengeluarkan itik dari kandangnya agar anda dapat mengambil telurnya.

Pasarkan dengan segera telur yang anda kumpulkan, jangan dibiarkan terlalu lama anda simpan. Jangan kawatir akan kesulitan menemukan pembeli. Kenyataanya di pasaran telur bebek sangat diburu karena pasokannya yang masih sedikit jika dibandingkan dengan permintaannya.

Nah itu dia yang bisa profbisnis.com sampaikan mengenai usaha bebek petelur. Sekali lagi, usaha ini memang membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Akan tetapi itu semua sepadan dengan hasil yang kita peroleh. Jika anda tertarik untuk memulai usaha itik petelur ini ada baiknya pelajari telebih dahulu segala sesuatunya sebelum terjun kedalamnya, untuk meminimalisir kegagalan yang bisa saja terjadi.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.