Keuntungan dan Cara Memulai Bisnis Penitipan Anak

Bisnis penitipan anak tampaknya bukan lagi usaha yang baru, akan tetapi masih jarangnya usaha di bidang ini bisa menjadi peluang yang besar untuk anda. Kebutuhan akan jasa yang satu ini pun terbilang lumayan tinggi. Setiap hari pasti ada saja bayi yang dilahirkan. Banyak juga orang tua yang mengalami masa sulit ketika dihadapkan pada menjaga anak atau bekerja. Disatu sisi menjaga andak tidak boleh dilakukan oleh orang sembarangan dan bekerja adalah mencukupi kebutuhan hidup. 




Jika didasarkan pada permasalahan diatas, banyak orang tua yang pada jam – jam tertentu kesulitan untuk menjaga anaknya. Untuk itulah kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan jasa penitipan anak. Tentunya usaha tempat penitipan anak tersebut haruslah memberikan rasa aman dan nyaman kepada orang tua yang akan menitipkan anaknya.

Yang kita butuhkan untuk memulai usaha ini pun terbilang cukup sederhana. Hanya tempat dan beberapa baby sitter yang bisa dipercaya atau jujur.

Target konsumen

Untuk target konsumen kita adalah para orang tua yang memiliki kesibukan yang padat sehingga kesulitan membagi waktu antara bekerja dan menjaga anak pada jam-jam tertentu. Bisa juga orang tua yang dengan alasan tertentu tidak bisa menjaga anaknya karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Cara memulai bisnis penitipan anak

Tidak terlalu banyak yang harus kita siapkan. Hanya saja persiapan tersebut harus dilakukan dengan baik karena bisnis ini sagat tergantung dengan kepercayaan pelanggan. Modal utama dalam memulai usaha ini adalah tempat dan baby sitter. Tidak perlu terlalu luas, cukup 9x5 sudah cukup. Akan tetapi lebuh luas juga lebih baik. Sedangkan untuk baby sitter, anda bisa memulainya dengan mempekerjakan 2 baby sitter yang jujur dan bisa dipercaya. Anda bisa mendapatkan mereka dari agen-agen penyalur baby sitter. Lebih banyak juga lebih baik.

Tantangan dalam usaha

 Setiap bisnis pastilah memiliki tantangan atau hambatan. Begitu pula dengan bisnis ini. Tantangan bisnis ini adalah sulitnya mencari pengguna jasa kita saat di awal. Relasi yang luas diperlukan dalam hal ini. Selain itu, anda mungkin akan kesulitan untuk mendapat kepercayaan calon pengguna jasa. Seperti yang saya singgung di awal bahwa binis ini memerlukan kepercayaan yang tinggi dari pemakai jasa karena menyangkut anak mereka.

Tips menjalankan bisnis

Untuk bisa berkembang dengan baik, anda harus memanfaatkan semaksimal mungkin relasi yang anda miliki baik itu teman – teman, sesama karyawan, keluarga, kenalan, maupun tetangga. Mintalah mereka untuk menginformasikan usaha anda dari mulut kemulut. Tentunya bisnis anda akan bisa berkembang dengan lebih cepat jika anda mau mendatangi kantor – kantor dan menawarkan kerjasama dengan mereka. Berikan diskon untuk menambah daya saing bisnis anda.

Analisis

Mainan dan tempat tidur : Rp. 5.000.000;-
Biaya operasional
Baby sitter 2 orang : Rp. 1.200.000;-
Listrik : Rp. 75.000;-
Telepon : Rp. 100.000;-

Omzet atau pendapatan
Jika 3 anak per hari @Rp. 50.000;- maka per bulan : Rp. 4.500.000;-
Keuntungan bulanan : Rp. 3.125.000;-
Balik modal : 1,6 bulan

Nah, itu dia informasi yang bisa saya bagikan untuk anda berkaitan dengan bisnis penitipan anak. Semoga bisa bermanfaat dan memberi anda gambaran singkat namun jelas. Jika sempat, bantu kami dengan klik g+1 di kanan atas blog Profbinis ini.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.