Untung Besar dari Usaha Catering


Bisnis catering bisa dibilang sebagai usaha rumahan yang memiliki potensi keuntungan yang besar dan selalu akan dicari konsumen. Sebagai contoh jika ada acara hajatan atau acara lain sepeti syukuran, ulang tahun, perkawinan, workshop dan yang lainnya selalu membutuhkan jasa penyedia makanan dalam jumlah besar atau catering. Asalkan kita mampu menjaga citarasa, kualitas, dan kemudahan layanan maka usaha cateing kita akan selalu diburu konsumen.



Target konsumen usaha catering

Target konsumen kita adalah orang – orang pemilik hajat seperti mahasiswa atau pelajar yang berulang tahun dan masih banyak lagi lainnya. Khususnya apabila si pemilik hajat membutuhkan makanan dalam jumlah yang cukup besar.

Cara memulai usaha catering

Hal yang harus pertama kali anda pikirkan adalah mencari pegawai yang memiliki keahlian memadai. Hal ini mutlak dipelukan karena usaha ini tidak bisa bejalan tanpa pegawai. Dan pegawai yang baik mutlak diperlukan untuk sukses di bisnis ini. Sebaiknya anda melakukan seleksi dalam memilih pegawai. Bukan hanya bisa masak, namun harus memperhatikan kebersihan dan rasa dari masakan nya. Biasanya anda bisa memulai dari empat pegawai hingga belasan pegawai sesuai skala usaha catering anda.

Setelah pegawai, mulailah anda membeli perlengkapan dan alat – alat yang diperlukan untuk menjalankan usaha catering anda. Setelah semua lengkap, anda bisa memulai usaha cateing anda dengan mempromosikan nya. Orang perlu tahu akan keberadaan usaha baru anda. Nama baru pelu dikenalkan kepada masyarakat untuk bisa mendapat konsumen.

Hambatan dalam usaha catering

Persaingan bisa menjadi hambatan anda yang utama mengingat cukup banyak yang memiliki usaha catering. Selain itu kesalahan dalam memilih pegawai juga bisa berakibat fatal dan menghancurkan usaha anda.
Baca juga: Usaha Sea Food yang Menjanjikan

Tips sukses usaha catering

Karena ini bisnis makanan, maka tentu rasa dari makanan itu sendiri yang menjadi faktor penentu. Jagalah cita rasa makanan usaha cateing anda. Selain rasa, kebersihan juga sangat memengaruhi. Jadi selalu perhatikan faktor rasa dan kebersihan disetiap pekerjaan.

Pintar – pintalah dalam berpomosi. Anda bisa berpromosi melalui media masa. Anda juga bisa melabeli setiap tisue, kotak makanan, tas, piring, dan alat makan agar setiap tamu mengenal usaha catering anda.

Analisa BEP


Modal awal
Alat – alat seperti piring dll     Rp. 40.000.000

Biaya operasional bulanan
Gaji pegawai    Rp. 14.000.000
Kontrak dapur     Rp. 700.000
Bahan baku, listrik, gas, transportasi    Rp. 57.000.000

Omzet per bulan     Rp. 90.000.000
Laba per bulan         Rp. 18.000.000
Analisis BEP      3 sampai 4 bulan.

Nah itu dia gambaran dari usaha catering yang dapat anda kerjakan. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau meluangkan waktu untuk sekedar memberi like, share, atau +1 +Google  artikel ini di sidebar atas kanan blog. profbisnis.com
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.