Usaha Bengkel Sepeda Motor

Mungkin sudah banyak yang tahu akan peluang usaha bengkel sepeda motor. Banyak juga yang sudah menekuninya. Namun walaupun banyak bengkel resmi dan bengkel swasta yang lain, peluang usaha bengkel sepeda motor ampaknya belum surut. Banyaknya potensi konsumenlah yang menyebabkan hal ini.



Hapir setiap rumah tangga memiliki sepeda motor. Dan bahkan tak jarang yang punya lebih dari satu. Hal ini lah yang perlu dicermati. Oke kita mulai pembahasannya.

Target konsumen

Yang menjadi target konsumen kita adalah semua orang yang memiliki sepeda motor.

Cara memulai usaha bengkel sepeda motor

Tak bisa dipungkiri, hal pertama yang harus ada adalah tempat. Ukuran tidak terlalu luas pun tak apa asal cukup untuk menaruh rak display dan beberapa sepeda motor jika terjadi antrian.
Jika anda sudah memiliki pekerjaan tetap dan ingin menjadikan usaha ini usaha sampigan, maka anda harus mencari pegawai dengan keahlian reparasi sepeda motor minimal 3 orang. Anda pun bisa menaruh orang keperacyaan anda, bisa dari keluarga untuk menjadi pengawas dan pencatat transaksi. Untuk dispyal kita bisa mencainya di agen atau bengkel – bengkel resmi.

Hambatan

karena bidang usaha ini adalah jasa reparasi maka, yang haus diperhatikan betul adalah kemampuan dari si tukang reparasinya. Anda harus selektif dalam memilih pegaya karena bisa jadi ini menentukan tingkat kepuasan pelanggan pada bengkel anda.

Tip sukses usaha bengkel

Utamakan kepuasan pelanggan. Dengan begitu pelanggan yang puas akan menjadi langganan tetap anda. Carilah pelanggan tetap sebanyak mungkin. Bukan mustahil kalau mereka juga merekomendasikan bengkel anda kepada orang lain. Kadang kegagalan dalam usaha bengkel ini adalah ketika seorang pelanggan yang servis ditempat kita namun hasilnya cepat rusak. Hal ini tentu akan membawa pengaruh buruk pada kepuasan mereka.

Analisis BEP

Modal awal
tempat, renovasi, rak : Rp. 15.000.000
spareparts dan alat-alat: Rp. 5.000.000

Operasional
Gaji 3 orang : Rp. 2.400.000
Spareparts : Rp. 3.000.000

Omzet pe bulan : Rp. 7.000.000
Laba : Rp. 1.600.000
Analisis BEP : 12-13 bulan

Tertaik untuk memulai usaha bengkel sepeda motor ini? Setidaknya ulasan diatas bisa memberi gambaran sederhana mengenai peluang usaha bengkel sepeda motor yang bisa anda kerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Semoga bermanfaat, dan salam sukses.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.