Strategi Sukses Membangun Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan atau usaha rumahan saat ini mulai banyak diminati oleh kalangan masyarakat menengah bawah. Baik itu bertujuan sebagai usaha sampingan, atau usaha utama penyumbang penghasilan anda. Memang saya akui untuk menemukan sebuah usaha rumahan yang tepat untuk anda dan kawasan sekitar perlu kejelihan. Disamping kejelihan, anda pun perlu memikirkan strategi tepat yang harus anda digunakan. Memang sangat banyak usaha yang bisa anda mulai dari trumah, akan tetapi strategi anda menentukan kesuksesan dan keberhasilan anda dalam menjalankan usaha.

usaha rumahan


Strategi yang tepat dalam menjalankan usaha juga akan menghindarkan anda dari kesalahan yang tidak pelu. Bisa jadi ketika strategi anda salah maka baru sebentar saja usaha anda berjalan, anda sudah menyerah dan memilih untuk menutupnya. Nah, lalu poin apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan strategi sukses membangun bisnis rumahan? Simak pembahasannya sebagai berikut.

Modal awal adalah kecintaan

Modal awal anda dalam membangun sebuah usaha rumahan adalah kesukaan anda pada bidang usaha tesebut. Ingat, bisnis yang akan anda kerjakan adalah dirumah. Rumah sepatutnya menjadi tempat paling nyaman untuk anda. Maka usaha yang ada di dalamnya pun haruslah yang bisa membuat anda nyaman. Jika anda suka internet, maka anda bisa membuka online marketing, reseller produk online, publisher iklan web dll. Jika anda suka otak atik motor misal, maka buka bengkel. Intinya adalah usahakan anda memang menyukai apa yang anda kerjakan maka beban anda akan berkurang dengan sendirinya.

Manajemen keuangan yang tepat

Contoh begini, terkadang pelaku bisnis rumahan atau usaha rumahan sering mengabaikan pengatuan keuanganya dengan mencampur adukan perputaran keuangan usaha dan rumah tangga. Walaupun usaha anda adalah rumahan, bukan berarti anda bisa mencampur nya dengan keuangan rumah tangga. Anggap usaha rumahan anda sama dengan usaha lain yang menuntut profesionalitas tinggi. Pisahkan dan atur secara profesional antara kas usaha anda dengan operasional keluarga. Ini penting dan tidak boleh diremehkan. Jika anda menggampangkan masalah ini, maka akan timbul masalah rumit dikemudian hari. Keprofesionalan anda dalam mengatur usaha akan menentukan kesehatan usaha anda.

Strategi pemasaran yang tepat

Tentu saja, nyawa dari sebuah bisnis atau usaha ada pada bagaimana kita memasarkan poduk kita baik itu barang maupun jasa. Strategi pemasaran ini tentunya berbeda untuk setiap jenis usaha. Jika anda membuka sebuah toko kelontong skala kecil, maka media online saya rasa bukan pilihan tepat untuk promosi. Jika anda membuka usaha konveksi maka strategi promosi yang anda lakukan juga harus disesuaikan dengan terget pasar yang ingin anda tuju. Semakin luas target pasar anda maka diperlukan pula media yang mampu menjangkau target yang luas tersebut. Untuk usaha semacam ini, promosi secara online bisa diterapkan. Tapi ingat, starategi pemasaran bukan melulu tentang promosi. Dalam usaha, kita menghadapi yang namanya persaingan. Nilai tambah yang kita berikan pada produk dan jasa kita akan sangat menentukan pilihan calon konsumen. Jadi buatlah nilai tambah yang menarik pada produk dan layanan anda. Misal, pemberian bonus yang memungkinkan diterapkan pada usaha anda. Cantumkan nilai tambah ini pada setiap promosi kita.

Mempetahankan konsumen


Ingat, usaha yang baik adalah usaha yang pada saatnya nanti bukan kita yang mencari konsumen, melainkan konsumen yang mencari kita. Mempertahankan konsumen sangat mutlak diperlukan dalam usaha. Melakukan penjualan sekali itu biasa, tapi melakukan penjualan berkali kali pada orang yang sama itu yang diharapkan. Tantu ada beberapa cara yang bisa anda terapkan disini. Mulailah dari pelayanan anda. Pelayanan menentukan kenyamanan konsumen saat membeli produk atau memakai jasa anda. Seberapa bagusnya poduk anda, jika pelayanan buruk, tidak ramah, dan komunikasi anda dengan konsumen juga buruk maka bisa jadi konsumen tidak akan membeli atau memakai jasa anda. Jadi, tingkatkan pelayanan anda dan jaga hubungan baik dengan konsumen anda agar mereka mau kembali lagi dan lagi menjadi pelanggan setia anda.

Itulah yang bisa saya sampaikan dalam kaitannya dengan strategi sukses bisnis rumahan. Yang jelas apapun bisnis rumahan atau usaha rumahan yang anda bangun, poin poin diatas tetap harus anda perhatikan. Terimakasih dan salam sukses.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.