Cara Optimasi SEO Onpage Blogger

Optimasi Onpage SEO - Dalam dunia blogging apalagi bagi para blogger yang menggunakan blog sebagai ladang penghasilan, seo amatlah penting. Seo sendiri terbagi menjadi dua yaitu seo onpage dan seo offpage. Saat ini kita akan membahas khusus tentang seo onpage.

cara optimasi seo onpage


Pada dasarnya optimasi seo onpage bertujuan agar google lebih mudah meng-index blog kita secara tepat. Hal ini akan mempermudah google dalam penyusunan relevansi penelusuran. Sedangkan optimasi seo offpage adalah untuk kepopuleran blog dengan cara penanaman backlink di situs lain. Kedua optimasi tersebut memiliki peranan nya masing-masing yang apabila dikerjakan dengan benar maka sudah pasti akan menghasilkan traffic yang melimpah pada blog anda.


Seo onpage berperan pada bagian struktur sebuah blog. Dengan kata lain adalah elemen dari blog tersebut. Seo onpage ini hanya perlu dilakukan sekali saja. Jika anda masih pemula, silahkan ikuti dan bandingkan dengan blog anda apakah sudah dilakukan atau belum.
  • Cara termudah seo onpage adalah menggunakan template yang sudah seo friendly. Template seo friendly bisa anda temukan di google dengan mengetikan “download template seo friendly”.

  • Anda juga bisa tetap menggunakan template anda sendiri namun harus ada beberapa perubahan yaitu pastikan anda memasang dynamic header, memasang breadcrumbs, dan juga memasang artikel terkait atau related post.

  • Membuat title tag dan meta description yang berbeda tiap halaman.

  • Mendaftar ke google webmaster tools submit sitemap blog anda agar lebih cepat ter-index oleh mesin pencari google. 
     
  • Selanjutnya mendaftarkan blog ke google analytic dan feedburner google.

  • Semua gambar baik yang berada di sidebar atau artikel harus memiliki ALT tag.

  • Memasang widget yang berguna dalam penyebaran PR yaitu Popular Post, Blog archive dan label.

  • Pastikan tidak melakukan pertukaran link, apalagi memasang link yang menuju blog lain di sidebar blog anda. Apabila hal ini dilakukan akan menyebabkan kebocoran link pada blog anda.

  • Memasang anchor teks keyword blog anda yang menuju home page pada footer blog anda.

  • Yang terakhir adalah hindari memasang widget yang tidak perlu, selain memengaruhi kecepatan muat/loading halaman, widget yang tidak penting juga tidak ter-index google (ex: iframe).
Ketika poin-poin di atas sudah dilakukan dengan benar, blog anda bisa dikatakan seo friendly setidaknya pada sisi optimasi seo onpage nya. Sekarang anda hanya perlu melakukan seo offpage. Bagi anda yang masih belum jelas pada poin tertentu silahkan tanyakan di kolom komentar, dan bagi yang ingin menambahkan silahkan tulis kan juga di kolom komentar karena saya sadar akan masih banyaknya kekurangan saya dari segi ilmu. Bagaimana pendapat anda ?


Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.