Cara Agar Toko Online Dipercaya Pelanggan

Jika anda memiliki usaha toko online atau jasa yang baru berdiri dan belum banyak dikenal orang maka kepercayaan adalah hal yang mahal. Maksudnya adalah anda akan lebih sulit meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa yang anda tawarkan benar benar memuaskan.


Mungkin sebagian dari anda juga pernah mengalami berbagai pertanyaan semacam ini:

  • Ada jaminan ga barang bakal dikirim setelah saya transfer?
  • Gimana kalau barang dikirim duluan, nanti uang pasti saya tansfer?
  • Buktinya mana kalau anda bukan penipu yang berniat menipu saya?
  • Barangnya asli ga? Sesuai keterangan ga?

Inilah yang sering dimainkan pembeli jika mereka tidak percaya kepada anda. Jika anda lengah bisa bisa malah anda yang tertipu. Sudah mengirim barang duluan eh, uang tidak kunjung di transfer. Nah, hal-hal seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi jika sejak awal anda sudah membangun kepercayaan dimata para calon pelanggan anda. Bisnis online kuncinya adalah kepercayaan, maka membangun kepercayaan adalah mutlak dipelukan.

Oke, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membangun kepercayaan.

  1. Pilih nama domain, nama toko yang bersesuaian dengan produk atau nama yang terkesan profesional sejak awal. Sangat tidak dianjurkan mengganti nama domain atau nama toko anda karena ini berkaitan dengan branding dan profesionalitas dimata calon pembeli.
  2. Pilih desain toko online anda seprofesional mungkin. Jika yang berniat menipu saja dibuat profesional, masa anda yang jujur dan sungguh sungguh malah mengabaikan.
  3. Harga yang ditawarkan harus masuk akal, harga yang terlampau murah malah menjadi sinyal kecurigaan bagi calon pembeli. Harga murah boleh saja namun harus beralasan dan alasan tersebut dapat diterima oleh calon pelanggan.
  4. Berikan informasi kontak selengkap mungkin. PinBB, WA, SMS, E-Mail, Akun SocMed, dll. Pelanggan juga menilai kesungguhan anda dalam menjual.
  5. Usahakan interaksi dengan pelanggan melalui sosial media berjalan setiap hari dan interaktif. Selain calon pelanggan dapat melihat kesungguhan anda, orang yang belum pernah tahu tentang usaha anda juga bisa melihat nya karena siapa sajabisa memantau akun anda. Hal ini secara tidak sadar akan meningkatkan tingkat kepercayaan mereka terhadap anda.
  6. Lengkapi jalur jalur pembayaran untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran. Dan hindari bergonta ganti rekening. Ini bisa menurunkan kepercayaan calon pelanggan.
  7. Ikuti verifikasi keamanan yang terpercaya. Jika toko online anda mendapatkan verifikasi keamanandari berbagai pihak maka secara otomatis pelanggan akan lebih percaya.
  8. Pasang bukti pengiriman, testimoni kepuasan dari pelanggan di situs anda.
  9. Gunakan jasa review dan adakan lomba atau kontes yang berkaitan dengan toko anda.

Baiklah, mungkin itu saja yang bisa saya berikan kali ini dalam kaitannya dengan cara agar toko online anda dipercaya pelanggan. Yang pasti kesungguhan anda, profesionalitas anda sangat menentukan kepercayaan pelanggan terhadap anda. Memang tidak bisa instan akan tetapi hasil mengikuti jika proses dilakukan. Salam sukses.
Share on Google Plus

About Bayu Kuncoro

Ini adalah blog yang saya buat untuk membahas peluang usaha dan banyak lagi topik yang berhubungan dengan dunia usaha. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya harap anda mau membagikannya melalui tombol share diatas.